Warning! Kabupaten Cirebon Rekor Covid, Nambah 208 Kasus Positif

Warning! Kabupaten Cirebon Rekor Covid, Nambah 208 Kasus Positif

CIREBON - Rekor. Kasus terkonfirmasi Covid 19 di Kabupaten Cirebon naik drastis dengan ada penambahan 208.

Ini merupakan penambahan terbesar jumlah kasus harian yang terjadi selama penanganan Covid-19 di Kabupaten Cirebon.

Kamis (17/6/2021) terdapat 208 kasus terkonfirmasi positif baru. Kadinkes Kabupaten Cirebon, Hj Eni Suhaeni SKM MKes mengatakan, jumlah penambahan tersebut sebagian berasal dari tracing kasus terkonfirmasi sebelumnya yang mayoritas berasal dari kluster keluarga.

\"Kluster keluarga menjadi penyumbang terbanyak, karena begitu satu terkonfirmasi, kita langsung lakukan tracing dan ditemukan anggota keluarga lainnya yang juga positif,\" ujarnya.

Menurutnya, di Kabupaten Cirebon sendiri saat ini ada 23 Kecamatan yang termasuk dalam zona merah yang sebelumnya hanya 13 Kecamatan.

Kondisi tersebut pun membuat kondisi rumah sakit beberapa waktu lalu penuh dan kewalahan menerima pasien.

\"Kondisi ini harus disadari bersama, ada peningkatan kasus, ada penambahan yang cukup signifikan sehingga rujukan kerumah sakit adalah upaya terkahir jika memang kondisi pasien sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan isolasi mandiri dirumah,\" ujarnya.

Selain itu sambung Kadinkes, sampai dengan saat ini jumlah kasus nakes terkonfirmasi positif aktif yang masih dalam perawatan baik di rumah sakit ataupun isolasi mandiri cukup banyak, data terakhir yang ia terima ada 35 nakes yang masih menjalani perawatan karena terpapar Covid-19.

Diterangkan Hj Eni, saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif mengalami penambahan, demikian juga untuk angka kematian mengalami penambahan.

Untuk jumlah kasus aktif terbesar ada di wilayah Cirebon Timur seperti Susulan Lebak dan lain-lainnya. Sementara untuk kasus kematian paling besar ada di Kecamatan Gegesik. (dri)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: